Selasa, 16 September 2014

Sebenarnya Seberapa Seringkah Kita Harus Mandi?

Apa sih alasannya mengapa kebiasaan mandi setiap hari dibilang adalah kebiasaan mandi yang baik bahkan 2-3 kali sehari? Kenyataannya ada beberapa pandangan di dunia yang mempercayai bahwa terlalu sering mandi itu tidak baik.

Dimulai dari yang mandi 1-3 kali sehari, 3 kali seminggu, atau bahkan hanya 1 kali dalam seminggu, sebenarnya seberapa sering sih kita harus mandi?


Pandangan Paling Umum


http://1.bp.blogspot.com/-SUdKX5GwGYc/UU-VRiD_rJI/AAAAAAAAARY/g8KxFn1wDL8/s1600/92air.jpg

Pandangan atau kebiasaan mandi yang paling umum dan diterapkan di kebanyakan belahan dunia adalah setidaknya dalam 1 hari Anda harus mandi 1 kali.

Sebuah studi di tahun 2009 oleh AOL, menunjukkan bahwa 65% orang mengikuti kebiasaan seperti ini, sisanya mengikuti kebiasaan yang berbeda sebagaimana telah dikatakan di atas yakni beragam dimulai dari lebih dari 1 kali dalam sehari hingga hanya beberapa kali dalam 1 minggu.

Pertanyaan terbesarnya adalah apakah mandi setiap hari adalah kebiasaan yang benar-benar baik atau mungkin mandi 1 kali dalam beberapa hari dapat dibilang cukup lazim?



Dampak Terlalu Sering Mandi

http://cdn.sheknows.com/articles/2011/10/woman-shampooing-her-hair-in-shower.jpg

Jika jarang mandi dapat menjadi perdebatan tersendiri lalu bagaimana dengan terlalu sering mandi? Beberapa dokter kulit dan rambut melihat bahwa ternyata terlalu sering mandi juga memiliki dampak yang tidak baik apalagi jika setiap mandinya tersebut selalu mengenakan shampo dan sabun untuk keseluruhan tubuh dan rambut kita.

Dampak terhadap kulit adalah karena di kulit kita ada bakteri yang dapat dikatakan bakteri baik dan bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Bakteri yang baik tersebut membantu sel-sel kulit kita untuk menciptakan sebuah antibiotik untuk melawan bakteri yang buruk atau jahat.

Dengan hilangnya bakteri-bakteri "baik" maka kulit kita akan lebih rentan terhadap gatal-gatal dan infeksi, tidak hanya itu saja penggunaan shampo dan sabun berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan cepat berkeriput.

Efek tersebut juga dapat dikatakan relatif sama terhadap rambut kita. Rambut manusia itu terdiri atas serabut dan semakin sering serabut tersebut dicuci maka akan semakin rusak kelihatannya.

Kotrasnya, mereka yang mengatakan hanya mencuci rambut 1 kali dalam beberapa hari mengakui bahwa mereka memiliki rambut yang lebih lurus dan terlihat indah.



Seberapa Seringkah Kita Harus Mandi

http://www.bettybubbles.co.uk/userimages/Blue_shower_luxury_head.jpg

Kembali ke topik paling utama, yaitu jika mandi terlalu banyak memiliki dampak yang buruk jadi seberapa seringkah kita harus mandi? Sebenarnya mengatakan seberapa sering seseorang harus mandi itu seperti mengatakan seberapa sering seorang pria harus mencukur kumis dan jenggot mereka, hal ini sangatlah relatif.

Terlepas dari karena panasnya lingkungan, bau, kotoran, keringat, aktivitas, tipe kulit dan rambut, serta banyak lainnya, yang paling aman dikatakan adalah mandi 1 hari sekali itu tidak ada salahnya.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penggunaan shampo dan sabun Anda. Jika Anda adalah orang yang mandi lebih dari 1 kali dalam 1 hari pertimbangkanlah untuk mandi hanya dengan air bersih.

Dr. Sanjay Jain, penulis dari buku "Optimal Living 360" mengatakan bahwa jika kita melihat sejarah, orang-orang terdahulu hanya mandi dengan air saja dan hal itu terbukti efektif bahkan orang-orang terdahulu memiliki jangka hidup yang relatif lebih panjang.

Gunakanlah shampo dan sabun karena kebutuhan bukan kebiasaan. Sebagai contoh, jika Anda sudah merasa bahwa rambut Anda sudah terlalu berminyak, kotor, atau bau maka tidak ada salahnya Anda mengenakan shampo. Hal ini juga dapat dikatakan sama untuk sabun.

Ingatlah kembali sebagaimana dijelaskan di atas, jika ada orang yang menanyakan hal ini maka yang harus dilihat adalah siapa yang bertanya, bagaimana aktivitas mereka, tipe kulit mereka, atau lingkungan mereka.



Hal Paling Penting

http://cdn.cultofmac.com/wp-content/uploads/2013/12/Hand-Wash-640x360.jpg

Selain semua hal di atas, ada 1 bagian paling penting di tubuh kita yang harus dicuci setiap hari bahkan beberapa kali dalam satu hari. Bagian itu adalah kedua tangan kita. Ini karena semua hal yang kita lakukan umumnya pasti mengenakan tangan kita dan tidak ada yang tahu seberapa kotor benda yang kita sentuh setiap harinya.

Dilansir dari Daily Mail, John Oxford, professor virologi Queen Mary's Schoold of Medicine and Dentistry mengatakan: "Selama orang-orang memperhatikan kebersihan tangan dan bagian bawah tubuh mereka, maka mandi 1 kali selama beberapa hari tidak ada salahnya."


Source: http://www.jurukunci.net/2014/09/sebenarnya-seberapa-seringkah-kita.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons