Jumat, 12 September 2014

Belati Mematikan dari Emas ini Milik Pendiri Taj Mahal


Nama Raja Shah Jahan tentu sangat akrab di telinga para wisatawan yang pernah berkunjung ke Taj Mahal. Selain sebagai pendiri Taj Mahal, Shah Jahan ternyata merupakan pemilik salah satu senjata termahal di dunia.

Senjata milik pria yang konon sangat mencintai istrinya ini merupakan sebuah belati emas. Shah Jahan menyimpan senjata tersebut selama 74 tahun.

Kabarnya, pisau tersebut berpindah tangan pada April 2008 saat seorang pembeli misterius berani membayar mahal di rumah lelang Bonhams, London. Tak ada yang berani menandinginya dan membayar uang senilai US$ 3,3 juta atau Rp 38,83 miliar untuk salah satu mahakarya mematikan tersebut. (kurs: 11.771/US$)

Lantas siapa pembeli belati emas tersebut setelah dilelang untuk pertama kalinya di London? Siapa pemiliknya sekarang? Berikut ulasan mengenai salah satu mahakarya paling mematikan di dunia seperti dikutip dari Reuters, france24.com, asiafinest.com dan sejumlah sumber lainnya :

Belati Emas milik Raja Shah Jahan, Pendiri Taj Mahal


Quote:
Belati berlapis emas tentu bukan jenis senjata yang dapat dimiliki siapa saja. Salah satu belati emas termahal di dunia bahkan pernah dimiliki raja India yang membangun Taj Mahal sebagai bentuk kasih sayangnya pada sang istri.

Raja India yang memimpin dari 1628 hingga 1658 tersebut memang dikenal sebagai penganggum benda unik dan cantik. Tak heran, dia kemudian mampu membangun bangunan indah sepeninggal sang istri Mumtaz Mahal yang lebih dulu menghembuskan nafas terakhirnya.
Belati tersebut memiliki lengkungan yang memunculkan sisi sisnisme dari senjata tersebut. Sejarawan Skotlandia, Willian Dlrymple mengatakan bentuk belati yang indah dan terlihat dirancang sangat jeli ini merupakan karakter objek yang sesuai dengan selera Jahan.

Belati Emas yang Jadi Senjata Termahal Dunia


Di sebuah rumah lelang Bonhams dalam penjualan karya seni islam di London, belati emas langka yang pernah dimiliki pendiri Taj Mahal akhirnya berhasil terjual. Harga jualnya ternyata empat kali lebih tinggi dari prediksi para sejarawan hingga mencapai US$ 3,3 juta atau Rp 38,83 miliar.

Harga tersebut berhasil mengantarkan belati emas sang raja menjadi salah satu senjata termahal di dunia. Belati ornamental tersebut memang memiliki kualitas yang sangat langka.

Hingga saat ini, identitas sang pembeli masih belum terungkap. Selain itu, tak ada yang tahu di mana sang pemilik membawa dan menyimpan salah satu peninggalan langka dari India tersebut.

Keunikan Belati Emas



Gagang belati yang terbuat dari emas dianggam mencerminkan cinta sang raja yang sangat besar dan langka pada istrinya. Batu langka yang menjadi bagian dari gagang belati tersebut juga sangat langka dan lagi-lagi dianggap sebagai cerminan besaran cintanya yang jarang dimiliki orang lain.

Pada saat bersamaan, senjata tersebut juga sangat simbolis dan memberikan kesan mematikan yang sering ditunjukkan pemiliknya. Salah satu sisi pisau bertuliskan gelar resmi Jahan, tanggal dan tempat kelahirannya.

Tak hanya itu, terdapat simbol kerajaan Asia kuno di salah satu bagian belati tajam tersebut. Simbol tersebut merupakan payung kehormatan bagi sang raja.

Source: http://www.jurukunci.net/2014/09/belati-mematikan-dari-emas-ini-milik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons