Rabu, 17 September 2014

5 Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam

5 Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam - Alam sungguh luar biasa. Bumi dibentuk sedemikian rupa sehingga di beberapa tempat ada kota kota unik yang dibentuk oleh alam. Mulai dari bekas kawah meteor sampai gunung vulkanik.
Dilansir dari BBC, Selasa (16/9/2014) berikut adalah 5 Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam :
1. Kandovan, Iran
Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam

55 Km dari Kota Tabriz, Iran, ada kota kecil Kandovan. Uniknya, kota ini dibangun dengan melubangi bebatuan vulkanik lunak dari muntahan material gunung berapi Sahand ratusan tahun silam. Kota ini sudah dibangun sejak abad ke-13. Hasilnya, seperti melihat rumah rayap untuk ukuran manusia. Warga mengatakan tinggal di dalam batu, bisa membuat mereka terlindung dari musim dingin dan musim panas. Nah, beberapa rumah batu ini sudah ada yang disulap menjadi hotel. Kandovan Laleh Rocky Hotel misalnya, menyediakan 10 kamar suite dengan jacuzzi.
2. Stockholm, Swedia
Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam
Satu hal yang disadari ketika datang ke Stockholm adalah, kota ini punya banyak sekali jembatan. Padahal, kota ini tidak membangun kanal kanal seperti di Amsterdam. Jawabannya adalah, Stockholm sebenarnya kota yang disusun dari 25.000 pulau di tepi Laut Baltik. Tentu tidak semua pulau diberi jembatan penghubung satu sama lain. Hanya pulau pulau besar dan penting saja yang saling terhubung. Pulau pulau ini dulunya daratan yang tanahnya digerus gletser salju selama ribuan tahun, menyisakan batuan granit yang menjadi pulau.
3. Danau Titicaca, Peru
Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam
Di Danau Titicaca, Peru ada kota yang dibuat terapung di tengah danau. Suku Uros membuat kota terapung dengan mengikat ilalang, banyak sekali ilalang, hingga membentuk rakit super besar. Ada 42 pulau buatan Suku Uros, setiap pulau terapung memiliki beberapa rumah. Peperangan dengan Suku Inca di abad ke-13, membuat Suku Uros melindungi diri di tengah danau dengan pulau buatan. Mereka harus memperbaiki ilalang setiap bulan, kalau sudah membusuk. Suku Uros kini mencari nafkah dari pariwisata karena banyak turis yang datang mengunjungi mereka.
4. Nordlingen, Jerman
Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam
Dilihat dari udara, Kota Nordlingen bentuknya bulat. Jalanan kota dari pusat lingkaran memanjang ke bagian terluar kota yang bulat itu. Kota berpenduduk 20 ribu jiwa ini rupanya dibangun di dalam kawah dengan diameter 25 km!. Warga dulu percaya ini bekas kawah vulkanik, walaupun bukan di pegunungan yang tinggi. Namun penelitian pada tahun 1960-an menemukan fakta mengejutkan. Nordlingen adalah bekas kawah tumbukan meteor yang terjadi 14,5 juta tahun silam.
5. Guadix, Spanyol
Kota Paling Ajaib Yang Dibentuk Oleh Alam
Tak kalah dengan Kandovan di Iran, Spanyol punya Kota Guadix, 50 Km dari Granada. Ini adalah kota dalam gua di Pegunungan Sierra Nevada. Mungkin bedanya dengan kota gua yang ada di Turki adalah, di Guadix kawasan pemukiman ini dibangung sistematis di bawah tanah. Ada labirin berisi 2.000 rumah yang dibangun sejak abad ke-16 oleh orang orang Muslim Moor ketika berperang dengan kristiani Spanyol. Kota ini sekarang dilengkapi pipa air, listrik dan bahkan internet. Ketika musim panas menyengat dengan suhu 40 derajat Celcius, suhu di Kota Guadix tetap stabil di 20 derajat Celcius.

berita unik 18 Sep, 2014

-
Source: http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/09/kota-paling-ajaib-yang-dibentuk-oleh-alam.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons