Jumat, 19 September 2014

5 Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun

5 Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun - Alih alih menganggap gurun sebagai tempat yang tandus dan kering, ada banyak obyek menarik yang ternyata bisa kita temui di gurun. Setiap gurun atau juga dikenal sebagai padang pasir, menawarkan pesona alam yang dapat membius mata para petualang. Tak jarang, para pelancong bisa menemukan sesuatu yang luar biasa atau bahkan unik di tengah gurun yang kering.
Berikut adalah 5 Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun :
1. Kondisi gurun ini seperti ada di Mars
Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun

Siapa bilang Anda harus pergi ke Mars untuk mengetahui bagaimana kondisi alam di sana?! Beberapa tempat di bumi juga memiliki kondisi lingkungan yang hampir sama dengan planet merah, sehingga Anda pun bisa sedikit merasakan pengalaman berjalan di Mars. Padang pasir Utah yang berbatu dan gersang menjadi salah satu tempat di bumi yang sering dijadikan tempat simulasi untuk merasakan pengalaman di Mars. Beberapa kelompok peneliti asal Amerika tinggal di sana untuk melakukan penelitian guna menghadapi pengalaman pergi ke ruang angkasa.
Mereka juga harus bertahan dengan jatah makanan yang telah ditentukan untuk melakukan eksperimen. Bahkan, mereka hanya mandi sekali dalam tiga hari. Seperti dilansir Daily Mail, daerah di sekitar Mars Desert Research Station (MDRS) memang sangat mirip dengan atmosfer di Mars. panas, berangin, merah, dan berbatu. Sama seperti di film film fiksi ilmiah yang biasa Anda tonton, setiap kali tim tersebut meninggalkan stasiun, mereka harus selalu memakai helm astronot.
Tim ini terdiri dari empat pria dan dua wanita, yang tinggal di sebuah pondok dua lantai yang berjarak 40 mil dari kota terdekat Hanksville. Tim melakukan komunikasi rutin dengan pengendali misi, yang memantau dan merekam data tentang kehidupan mereka setiap dua minggu. Data itu sudah termasuk rincian kondisi psikologis, asupan makanan dan kebugaran tubuh. Menurut Mission Commander Lara Vimercati, 27, yang juga seorang ahli biologi NASA, segala sesuatu yang mereka lakukan setiap hari harus menunjukkan bahwa mereka seolah benar benar berada di planet lain.
Stasiun ini juga terbuka untuk umum, sehingga orang lain yang tertarik untuk merasakan pengalaman di Mars, bisa datang ke gurun ini dan langsung merasakannya. Tetapi, terlepas dari semua kesulitan yang dihadapi oleh tim tersebut, sebetulnya tidak ada jaminan bahwa mereka akan memiliki kesempatan untuk menginjakkan kaki di planet merah itu.
Biaya awal untuk mendarat di Mars diperkirakan lebih dari USD 6 miliar (sekitar Rp 68,4 T). Misi berawak berikutnya kemudian akan menelan biaya USD 4 miliar (sekitar Rp 45,6 T). Kru yang bertahan dalam perjalanan tersebut diharapkan tetap tinggal di sana, selama setidaknya satu setengah tahun menunggu Bumi dan Mars menjadi lebih selaras sebelum kembali pulang. Selama waktu itu, mereka harus terus bertahan hidup dengan jatah makanan, oksigen, air dan listrik yang terbatas.
2. Bioskop di gurun
Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun
Bioskop unik ini berada di Semenanjung Sinai, di gurun Mesir. Bioskop ini tampak seperti susunan kursi kayu yang ditaruh di tempat terbuka. Dijuluki sebagai End of the World, bioskop ini memiliki 150 kursi kayu yang terlihat sudah usang. Seperti dilansir This Is Colossal, bioskop bergaya kuno tersebut rupanya dibangun oleh seorang pria asal Prancis. Untuk merampungkan proyeknya, dia pun membeli barang barang antik dari sebuah bioskop tua di Kairo.
Menurut Kaupo Kikkas, seorang fotografer Estonia yang baru baru ini mengambil gambar dari situs itu, bioskop itu baru berumur 1 dekade. Di blog pribadinya, Kaupo menulis bahwa pria Prancis itu telah mengabaikan salah satu aspek penting, yakni otoritas lokal yang berwenang atas gurun itu. Pembukaan bioskop berjalan sangat tidak lancar, karena pembangkit listrik diketahui disabotase, sehingga tidak ada film yang pernah diputar di bioskop tersebut.
Kini, bioskop itu dibiarkan terbengkalai begitu saja. Hal ini dikarenakan letaknya yang tidak strategis, yaitu hanya dapat diakses lewat satu jalan, Dusti Road, dan jalur ini tidak pernah dilewati manusia. Selain itu, otoritas Sinai tidak mengizinkan siapa pun melewati padang gurun, kecuali jika Anda sedang ikut dalam sebuah tur atau perjalanan tertentu.
3. Hotel di tengah gurun
Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun
Padang pasir tidak hanya dipenuhi oleh hamparan tanah tandus yang kering. Baru baru ini, sebuah hotel megah dibangun di tengah padang pasir di Xiangshawan, Mongolia, 800 km dari barat Beijing. Tempat yang diberi nama Desert Lotus Hotel ini juga memiliki struktur yang terdiri dari tenda segitiga berwarna putih yang mampu berputar 45 derajat dan saling terhubung dalam formasi melingkar seperti teratai.Karena kondisi geografis di gurun sangatlah menantang, arsitek hotel ini berusaha menciptakan sebuah sistem struktur baru yang hanya menggunakan panel baja tanpa bantuan beton atau air.
Panel dan struktur kerangka pendukung pra-fabrikasi, dan membuat dasar bangunan sebagai wadah besar untuk pasir. Dengan demikian, struktur baja panel bisa berfungsi sebagai perahu mengambang di padang pasir yang menyangga bangunan. Desert Lotus Hotel sendiri adalah bagian dari sebuah resor baru yang dibangun di tengah gurun pasir, yang populer di kalangan turis China. Di sini, wisatawan bisa menikmati atraksi naik unta, berselancar di gurun, dan masih banyak lagi.
4. Danau gurun terbesar di dunia
Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun
Ketika berdiri di tepi Danau Turkana, Anda mungkin berpikir bahwa Anda sedang berada di pantai. Di sini, angin bertiup cukup kencang dan beberapa perahu nelayan tampak tertambat di pinggiran danau. Namun, Turkana bukanlah pantai, melainkan danau gurun terbesar di dunia dengan luas mencapai sekitar 7.000 km persegi. Masyarakat setempat menyebutnya Laut Jade karena warna pirusnya yang memesona.
Pantai berbatu ini adalah rumah bagi kalajengking dan ular berbisa karpet. Pantainya telah mengungkapkan fosil tertua terkenal sisa Homo habilis yang hidup dua juta tahun yang lalu. Hari ini, nyawa lebih dari seperempat juta masyarakat adat dari setidaknya sepuluh suku tergantung pada danau untuk tanaman mereka makanan, penggembalaan ternak dan penyiraman, dan memancing.
5. Kawah putih
Hal Paling Unik Yang Ada Di Gurun
Kawah Al Wahaba terletak di padang pasir Arab Saudi, 254 km dari Taif, di tepi barat plato basal Hafer Kishb, yang memiliki banyak kerucut vulkanik. Namun kemudian para ahli geologi menyatakan bahwa kawah Al Wahaba terbentuk oleh aktivitas gunung berapi dalam bentuk ledakan uap bawah tanah yang dihasilkan ketika magma cair melakukan kontak dengan tanah.

berita unik 20 Sep, 2014

-
Source: http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/09/hal-paling-unik-yang-ada-di-gurun.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons