Minggu, 14 September 2014

10 PENEMUAN ARAB YANG MASIH KITA GUNAKAN HINGGA SAAT INI

1. Marching Band
s-BYU Marching Band 2
Marching band pertama kali berasal dari kekaisaran Ottoman di Turki pada abad ke-16 dan setelah itu populer di seluruh dunia.

2. Gitar
guitar-chord-640-80
Mungkin kalian berpikir kalau gitar berasal dari Spanyol. Well, itu tak sepenuhnya salah. Gitar memang ditemukan di Spanyol, namun sebenarnya berasal dari alat musik kuno asal Arab bernama "oud" pada abad ke-12.

3. Kopi
coffee-supreme-11
Tanaman kopi sendiri berasal dari Ethiopia, namun pengolahannya menjadi minuman kopi terjadi di dunia Arab, tepatnya di Yemen. Kala itu, para sufi membutuhkan minuman ini untuk tetap membuat mereka terjaga saat melakukan sholat malam. Pada tahun 1645, kopi sampai di Venesia dan menjadi sangat terkenal di Eropa. Kata "kopi" sendiri berasal dari kata "kahwa" dari bahasa Arab yang menjadi ""kahve" dalam bahasa Turki, lalu "kaffe" dalam bahasa Italia, dan "coffee" dalam bahasa Inggris.
 
4. Parasut
parachute
100 tahun sebelum Wright Bersaudara menciptakan pesawat terbang, seorang ilmuwan sekaligus seniman bernama Abbas bin Firnas mencoba terbang dengan melompat dari minaret Masjid Agung Cordoba dengan alat ciptaannya. Bukannya terbang, ia malah jatuh, namun berkat alat ciptaannya itu, ia tak menderita luka yang serius. Alat ciptaannya itu kemudian dinamakan parasut.

5. Shampoo
images (1)
Orang2 Mesir dan Romawi kuno bisa saja menciptakan sabun. Namun orang2 Arab-lah yang pertama kali menemukan shampoo. Tak heran, sebab kebersihan merupakan hal yang penting dalam rukun Islam mereka.

6. Ilmu bedah

ABETH_Operasi_KLIK
Ilmu bedah yang dipakai dokter2 saat ini merupakan warisan dari dunia Arab. Bahkan alat2nya pun tak jauh berbeda, seperti skalpel, pinset, gunting, dan sekitar 200 alat operasi lainnya. Sirkulasi darah manusia pertama kali ditemukan oleh Ibnu Nafis, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Bahkan penggunaan alkohol, anastesi (penghilang rasa sakit saat operasi), dan penggunaan obat kapsul ditemukan oleh para tabib Arab.

7. Cek
cheque_2136555b_2353180b
Alat pembayaran ini tampaknya modern, namun sudah diciptakan oleh orang2 Arab pada abad ke-9. Cek ini tentu saja berguna untuk menghindari resiko dirampok karena membawa uang yang banyak. Pada saat itu, seorang pedagang Arab bisa menguangkan ceknya di Cina dengan uang yang ditarik dari bank-nya yang berada di Baghdad. Wow!

8. Roket dan Torpedo
torpedo_0
Walaupun orang2 Cina kuno merupakan penemu bubuk mesiu, namun orang2 Arab yang pertama kali menggunakannya untuk membuat senjata. Bahkan roket2 dan torpedo (saat itu dilengkapi mata tombak di pucuknya untuk menusuk musuh) buatan orang2 Arab saat itu membuat gentar para pasukan Perang Salib.

9. Kamera
images (2)
Ternyata orang2 Arab juga pertama kali yang menemukan kamera. Ilmu optik tak menemui kemajuan apapun di Eropa kuno sebab orang2 Yunani saat itu percaya bahwa untuk bisa melihat, mata manusia memancarkan sinar semacam laser. Baru pada abad ke-10 , seorang ilmuwan Muslim bernama al-Haitham berpendapat sebaliknya, bahwa cahaya masuk ke mata sehingga mata bisa melihat. Hal ini membawanya menemukan kamera lubang jarum pertama. Bahkan kata "camera" berasal dari bahasa Arab "qamara" yang berarti ruangan gelap.

10. Ilmu Kimia
chemistry_flasks
Ilmu kimia modern yang kita pelajari saat ini diawali oleh usaha Jabir bin Hayyan pada tahun 800 yang mengubah alkimia (takhyul kuno dari eropa) menjadi ilmu kimia yang logis dan sistematis. Banyak alat2 laboratorium serta teknik2 pemurnian seperti kristalisasi, destilasi, purifikasi, oksidasi, serta filtrasi merupakan hasil penemuannya. Orang yang dianggap sebagai ilmuwan pertama di dunia itu juga merupakan penemu asam cuka yang kita pakai di dapur hingga saat ini.

Source: http://www.jurukunci.net/2014/09/10-penemuan-arab-yang-masih-kita.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons