Selasa, 16 September 2014

10 Jembatan Paling Mahal Yang Pernah Di Buat

10 Jembatan Paling Mahal Yang Pernah Di Buat - Jembatan menjadi penghubung antara daerah satu dengan lainnya yang dipisahkan oleh laut atau sungai. Keberadaan jembatan sendiri dirasa cukup vital bagi sebagian besar daerah di dunia yang memang benar-benar membutuhkan penghubung untuk mencapai daerah lainnya. Dan seiring dengan berkembangnya teknologi, jembatan kini telah dibangun dengan fitur luar biasa, yang tidak hanya canggih tetapi juga unik.
Berikut adalah 10 Jembatan Paling Mahal Yang Pernah Di Buat seperti yang dilansir therichest.
1. San Francisco - Oakland Bay Bridge (rentang timur)
Jembatan Paling Mahal

San Francisco - Oakland Bay Bridge secara lokal dikenal sebagai Bay Bridge. Ini adalah sebuah kompleks jembatan yang mencakup Teluk San Francisco di California. Sebagai bagian dari Interstate 80 dan jalan langsung antara San Francisco dan Oakland, jembatan ini dilewati sekitar 240.000 kendaraan per hari pada dua deck-nya. Jembatan ini juga diketahui memiliki salah satu bentang terpanjang di Amerika Serikat.
Ketika terjadi gempa Loma Prieta pada 1989, bagian timur dek atas runtuh ke dek bawah dan kemudian jembatan ditutup selama sebulan. Bagian baru dari rentang timur dibuka untuk lalu lintas pada akhir 2013, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2016 dengan biaya pembangunan mencapai lebih dari USD 6,4 miliar atau sekitar Rp 75,5 T. Menurut Guinness World Records, San Francisco - Oakland Bay Bridge saat ini adalah jembatan terluas di dunia.
2. Great Belt Fixed Link
Jembatan Paling Mahal
Great Belt Fixed Link adalah salah satu jembatan paling indah di dunia. Pulau - pulau di Zealand dan Funen di Denmark dipisahkan oleh jembatan megah ini. Sampai pembukaannya pada tahun 1997, satu-satunya cara untuk menyeberangi Great Belt adalah dengan menumpang kapal feri. Konstruksi jembatan ini menelan dana hingga USD 4,4 miliar atau sekitar Rp 52,2 T.? Butuh lebih dari 10 tahun untuk merampungkan jembatan ini. 
Dulu untuk menyebrang dengan kapal feri dibutuhkan waktu hingga 1 jam, kini masyarakat Denmark dapat mencapai setiap pulau hanya dengan menempuh waktu 10 menit dengan mobil. Great Belt Fixed Link adalah jembatan terpanjang di luar Asia dengan rentang mencapai 6,75 km, dan konstruksi jembatan ini adalah salah satu proyek terpenting dalam sejarah Denmark.
3. Verrazano - Narrows Bridge
Jembatan Paling Mahal
New York City memiliki lebih dari satu jembatan mahal dan The Verrazano - Narrows Bridge adalah salah satu di antaranya. Nama jembatan ini diambil dari Giovanni da Verrazzano, orang Eropa pertama yang masuk New York Harbor dan Sungai Hudson pada tahun 1524. Jembatan ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1964.
Jembatan ini menghubungkan Staten Island dan Brooklyn, dan merupakan jembatan terpanjang di Amerika dengan panjang mencapai 2,6 km. Pada saat selesai dibangun, jembatan ini sempat menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Butuh waktu lima tahun tujuh bulan untuk menyelesaikannya, dengan biaya sebesar USD 2,4 miliar atau sekitar Rp 28,5 T.
4. Yeongjong Grand Bridge
Jembatan Paling Mahal
Yeongjong Grand Bridge di Korea Selatan adalah jembatan termahal di Asia. Usia jembatan ini memang relatif muda. Dia baru dibuka untuk umum pada tahun 2000, setelah melalui masa konstruksi lima tahun dengan biaya mencapai USD 1,9 miliar atau sekitar Rp 22,5 T. Seperti namanya, jembatan itu dibangun untuk menghubungkan pulau Yeongjong ke daratan Korea Selatan. Jembatan indah ini memiliki panjang 4,42 km. Yeongjong Grand Bridge juga merupakan bagian dari Incheon International Airport Expressway.
5. Tsing Ma Bridge
Jembatan Paling Mahal
Jembatan yang dibangun untuk melintasi Ma Wan Channel ini akhirnya selesai pada tahun 1997, dan secara resmi dibuka oleh mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Jembatan ini menghubungkan pulau-pulau perkotaan Tsing Yi dan Ma Wan di kota Hong Kong. Jembatan ini dibangun dengan biaya yang cukup fantastis, yakni Hong Kong Dollar 7,2 miliar atau sekitar Rp 11 T.
Ketika rampung, jembatan ini pernah menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia dengan rentang mencakup 1,37 km. Karena memiliki dua deck yang dilalui untuk jalan raya maupun lalu lintas rel, jembatan ini menjadi jembatan gantung terbesar dari jenis ini. Jembatan ini memiliki rentang utama 1.377 meter dan tinggi 206 meter.
6. San Francisco Oakland Bay Bridge
Jembatan Paling Mahal
San Francisco - Oakland Bay Bridge menghubungkan San Francisco dan Oakland. Ide untuk mendirikan sebuah jembatan yang menyeberangi Teluk San Francisco telah diusung sejak akhir abad ke-19, namun jembatan itu baru diselesaikan pada tahun 1936. Pembangunannya membutuhkan waktu 3 tahun 7 bulan dan jembatan ini pun berhasil membentang sejauh 8,25 km yang dikenal sebagai salah satu jembatan bentang terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan ini telah menelan biaya sebesar USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 15,4 T.
7. George Washington Bridge
Jembatan Paling Mahal
George Washington Bridge menjadi solusi untuk mengurangi masalah transportasi dari salah satu pusat perkotaan paling padat di dunia, New York City. Jembatan yang membentang di atas Sungai Hudson ini awalnya diberi nama jembatan Sungai Hudson. Jembatan ini menghubungkan Manhattan dan New Jersey, dan merupakan salah satu jembatan yang paling sering dilalui di New York City. Butuh 4 tahun untuk membangun jembatan ini, dan biaya yang harus digelontorkan untuknya mencapai sekitar USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,1 T.
8. Cooper River Bridge
Jembatan Paling Mahal
Cooper River Bridge juga dikenal sebagai jembatan Arthur Ravenel Jr. Nama seorang politisi dari partai republik. Ini adalah jembatan gantung yang dibangun untuk menghubungkan Charleston dan Mount Pleasant. Dibangun di atas sungai Cooper di South Carolina, jembatan ini telah dirancang dan dibangun oleh Parsons Brinckerhoff, sebuah perusahaan rekayasa multinasional yang berbasis di New York City. 
Arthur Ravenel Jr adalah orang yang berjasa atas pembangunan jembatan ini karena dia berhasil melobi dewan Senat dalam usaha mencarikan dana untuk jembatan ini. Pada tahun 2005, setelah menghabiskan USD 836,9 atau sekitar Rp 9,9 T, jembatan ini dibuka untuk umum.
9. Tacoma Narrows Bridge
Jembatan Paling Mahal
Tacoma Narrows Bridge memiliki peran yang sangat penting untuk komuter di wilayah Tacoma. Jembatan ini awalnya dibangun pada tahun 1950. Dia adalah pengganti dari jembatan asli yang dibangun satu dekade sebelumnya yang telah runtuh. Pekerja konstruksi yang membangun jembatan ini menjulukinya Galloping Gertie berdasarkan cara jembatan ini bergerak ketika terhempas angin. Jembatan ini dirancang untuk menangani 60.000 kendaraan per hari, dan dibangun dengan biaya sekitar USD 827,7 juta atau sekitar Rp 9,8 T.
10. Chesapeake Bay Bridge
Jembatan Paling Mahal
Maryland membangun Chesapeake Bay Bridge untuk menghubungkan wilayah pantai timur dengan wilayah pantai barat Maryland. Kedua daerah ini dipisahkan oleh Teluk Chesapeake. Ketika dibuka pada tahun 1952, jembatan ini dikenal sebagai struktur baja terpanjang di dunia. Perluasan pembangunan kemudian dilakukan pada tahun 1973, dengan biaya mencapai USD 778,3 juta atau sekitar Rp 9,2 T.

berita unik 17 Sep, 2014

-
Source: http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/09/jembatan-paling-mahal-yang-pernah-di-buat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons