Kamis, 18 September 2014

10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Mungkin salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia ialah sakit radang tenggorokan. Sakit tenggorokan menimbulkan sensasi panas dan kesulitan menelan. Namun sakit tenggorokan bukan penyakit yang tak bisa diatasi dengan pengobatan alami, berikut ini 10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Madu dan lemon
Madu adalah pengobatan alami sakit tenggorokan yang paling sering ditemukan dan akrab dengan kehidupan masyarakat. Madu kerap digunakan karena kemampuan anti-bakterialnya membantu proses pengobatan. Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

2. Teh jahe
Walau menimbulkan sensasi panas dan pedas, kualitas jahe sebagai pengobatan alami untuk sakit tenggorokan tak lagi diragukan. Kandungan zingiberinpada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat.

3. Jus buah belimbing
Jus buah belimbing bisa digunakan untuk obat tradisional radang tenggorakan pada anak. Caranya buah belimbing yang manis sebanyak 100 gram dibuat jus lalu diminum. Jus ini tentunya akan disukai oleh anak-anak karena rasanya tidak pahit.

4. Teh chamomile
Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

5. Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan). Memang rasanya agak asam tapi itu bisa mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

6. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

7. Konsumsi Sup Ayam
Sup ayam sepertinya makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, karena kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan. Selain itu, kita ketahui bersama bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi yang membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan.

8. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

9. Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

10. Bawang putih
Dalam bawang putih terdapat kandungan allicin, dimana kandungan tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan yang anda derita. Caranya yakni cukup dengan mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah, tentu saja rasanya sangat tidak enak, namun khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Source: http://www.jurukunci.net/2014/09/10-cara-alami-mengobati-sakit.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons