Selasa, 19 Agustus 2014

5 Tempat Paling Indah Di Daerah Rawan Konflik

5 Tempat Paling Indah Di Daerah Rawan Konflik - Berikut ini adalah situs-situs penting dalam sejarah maupun keindahan alam yang terancam keberadaannya karena berada di daerah pusat konflik. Beberapa di antaranya bahkan masuk ke dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tetapi dengan adanya kontak bersenjata antara pihak-pihak yang berseteru menjadikan tempat-tempat menakjubkan tersebut ikut menjadi korban.
Sangat disayangkan, banyak di antaranya yang rusak atau bahkan terancam musnah. Mulai dari situs-situs penting di Kashmir yang menjadi daerah konflik sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini, hingga tempat bersejarah yang terancam hilang karena konflik bersenjata yang terhitung baru seperti perang sipil di Suriah.
Berikut adalah 5 Tempat Paling Indah Di Daerah Rawan Konflik :
1. Makam Askia, Mali
Daerah Konflik Paling Indah

Makam Askia yang terletak di Gao, Mali menurut Wikipedia adalah tempat bersemayamnya Askia Mohammad I, salah satu raja terbesar dari Kekaisaran Songhai. Situs ini dibangun pada akhir abad kelima belas. Kompleks ini meliputi piramida makam, dua masjid, dan sebuah pemakaman. Dengan ketinggiannya yang mencapai 17 meter menjadikan situs itu sebagai pra-kolonial terbesar di wilayah tersebut. Situs ini adalah bentuk dari gaya arsitektur Islam paling tua yang kemudian menyebar di seluruh wilayah ini.
Askia Mohammad I sendiri adalah kaisar Askia pertama yang berperan besar dalam memperluas wilayah Kekaisaran Songhai dan penyebaran agama Islam di wilayah tersebut. Menurut Wikipedia, Askia yang memerintah pada akhir abad 15 telah berjasa menjadikan kerajaannya sebagai negara terbesar dalam sejarah Afrika barat. Kebijakan ekonomi yang ia terapkan menyebabkan Songhai mampu melakukan ekspansi perdagangan dengan Eropa dan Asia.
Askia Mohammad I juga dikenal sebagai seorang muslim yang taat dan penguasa yang memahami pentingnya ilmu pengetahuan. Sang raja meresmikan Islam sebagai agama negara dan memasukkan prinsip-prinsip Islam dalam menjalankan negara. Askia Mohammad I memerintahkan pendirian banyak sekolah dan pendalaman agama Islam. Salah satunya adalah akademi Mali yang dikenal menghasilkan ulama-ulama terkemuka. Banyak di antara lulusan akademi ini yang menulis buku dan manuskrip penting, misalnya saja Ahmed Baba dan Muhammad Kati.
Makam Askia dibuat atas perintah Askia Mohammad I sendiri. Ia sempat menunaikan ibadah haji di Mekkah pada tahun 1495. Merasa terkesan dengan pengalaman spiritual yang ia dapatkan di sana, sekembalinya dari ibadah haji ia membawa serta lumpur dan kayu dari Mekkah. Kemudian atas perintahnya dibuatlah sebuah makam berukuran besar dengan bahan lumpur dan kayu tadi. Bagian dalam makam memiliki struktur dan arsitektur seperti sebuah rumah, dengan beberapa kamar dan lorong-lorong yang disegel begitu jenazah Askia Mohammad disemayamkan di dalamnya.
UNESCO menggambarkan makam ini sebagai salah satu struktur dari bahan lumpur ala Sahel, Afrika Barat yang paling mengagumkan. Kemudian situs itu dinobatkan sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Sayangnya saat ini situs tersebut sudah nyaris rusak karena dihancurkan oleh kelompok militan Al-Qaeda dan Ansar Dine. Karena itulah UNESCO telah memasukkan kompleks makam ini sebagai situs warisan dunia dalam bahaya sejak tahun 2012 lalu.
2. Preah Vihear, Kamboja
Daerah Konflik Paling Indah
Candi Preah Vihear merupakan candi Buddha yang terletak di ketinggian bukit Pegunungan Dangrek, Provinsi Preah Vihear, Kamboja. Menurut Wikipedia, candi ini dibangun pada abad 9. Lokasinya yang berada di atas bukit menjadikan pemandangan di sekitar kuil Buddha tersebut tampak menakjubkan. Karena letaknya yang berdekatan dengan distrik Kantharalak, Thailand, tempat ini sempat menjadi sengketa antara pemerintah Thailand dan Kamboja.
Pada tahun 1962, Mahkamah Internasional menyerahkan wilayah Preah Vihear kepada Kamboja, tetapi hingga saat ini masih sering terjadi perselisihan dan kontak senjata antara pasukan kedua negara yang berjaga di perbatasan. Kamboja tengah mengajukan proposal agar situs kuil ini manjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Tetapi niat itu pun menjadi sumber konflik baru dengan pemerintah Thailand yang masih belum bersedia mengakui kepemilikan Kamboja atas Preah Vihear.
3. Danau Ratti Gali, Kashmir
Daerah Konflik Paling Indah
Danau Ratti Gali adalah sebuah danau dengan pemandangan alam indah yang terletak di Lembah Neelam. Azad Kashmir. Dengan posisi yang berada di ketinggian 3.700 meter menjadikan wilayah sekitar danau bersuhu dingin. Area sekitar danau Ratti Gali dikelilingi pegunungan yang tertutup salju. Lembah Neelam yang wilayahnya menurut Wikipedia berbentuk busur sepanjang 200 km merupakan wilayah berhutan berhutan di Azad Kashmir, wilayah Kashmir yang dikuasai oleh Pakistan.
Lembah ini memiliki pemandangan yang indah. Azad Kashmir sendiri, seperti sudah diketahui merupakan bagian dari wilayah Kashmir yang sejak lama menjadi sengketa antara India dan Pakistan. Meskipun saat ini konflik antara kedua negara sudah jauh mereda, tetapi setiap tahun masih terjadi bentrokan antara kelompok bersenjata dari kedua belah pihak.
4.Palmyra, Suriah
Daerah Konflik Paling Indah
Palmyra adalah satu dari bebarapa situs bersejarah dengan kondisi memprihatinkan di Suriah. Di negara ini terdapat beberapa situs sekaligus yang menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO untuk kategori peninggalan budaya. Tetapi adanya perang saudara yang tengah melanda Suriah menjadikan sebagian besar situs-situs tersebut rusak hingga menjadi puing-puing belaka, tak terkecuali Palmyra.
Palmyra adalah situs kota kuno yang dalam catatan sejarah dikenal dengan nama Tadmor. Menurut Wikipedia, dulunya daerah itu merupakan kota penting karena letaknya yang strategis di oasis yang berbatasan dengan Damaskus dan Efrat di Deir ez-Zor. Kota ini menjadi tempat pemberhentian bagi para wisatawan dan pelancong yang melintasi padang pasir Suriah. Saking terkenalnya kota ini sampai disebut Mempelai Padang Pasir.
Situs Palmyra sekarang tak lagi menjadi pusat pariwisata yang ramai seperti dahulu. Tetapi di sana masih tersisa serangkaian monumen berukuran besar yang mengisyaratkan kejayaan Tadmor pada zaman Yunani kuno. Bangunan paling mencolok di Palmyra adalah kuil besar Baal, kuil dengan arsitektur Helenistik yang dianggap sebagai bangunan bernilai religius paling penting dari abad pertama Masehi di Timur Tengah.
5. Patung Buddha Bamiyan, Afghanistan
Daerah Konflik Paling Indah
Buddha Bamiyan merupakan situs tempat ditemukannya patung-patung Buddha raksasa yang berasal dari abad 6. Letaknya di Lembah Bamiyan yang sealur dengan Jalur Sutera, rute perdagangan penting dalam sejarah yang menghubungkan pasar Cina dan Barat. Menurut Wikipedia, tempat itu dulunya merupakan pusat berkembangnya agama Buddha, filsafat, dan kesenian. Daya tarik utama tempat ini adalah dua patung Buddha Vairocana dan Sakyamuni dalam posisi berdiri yang diukir di sisi tebing.
Selain itu, di bagian dalam tebing berdiri puluhan sisa biara-biara kuno berbentuk gua, dulunya dipakai oleh para biarawan yang hidup sebagai pertapa. Di dalamnya terdapat lukisan dinding yang diyakini sebagai lukisan minyak tertua di dunia. Pada bulan Maret tahun 2001 dua patung Buddha yang menjadi ikon situs Lembah Bamiyan dihancurkan dengan dinamit atas perintah rezim Taliban karena patung-patung tersebut dianggap sebagai berhala. Aksi ini mendapat kecaman dari banyak negara yang menyayangkan ketidakpedulian pemerintah terhadap sejarah bangsa mereka.
Terlebih lagi peninggalan di situs itu bisa menjadi bahan penelitian untuk perkembangan ilmu sejarah dunia. Pada tahun 2008 para arkeolog yang melakukan eksplorasi di sana berhasil menemukan sebuah patung Buddha raksasa dalam posisi tidur. Dan kemungkinan besar masih banyak lagi patung Buddha di situs Bamiyan yang belum ditemukan. Untuk itulah, setelah perang Taliban berakhir Pemerintah Jepang dan beberapa organisasi Afghanistan, Swiss, dan Jerman telah berkomitmen untuk membangun kembali dua patung Buddha yang telah dihancurkan tadi.

berita unik 19 Aug, 2014

-
Source: http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/08/tempat-paling-indah-di-daerah-rawan-konflik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons