Minggu, 31 Agustus 2014

10 Foto Paling Mahal Di Dunia

10 Foto Paling Mahal Di Dunia - Berikut ini adalah foto-foto termahal yang pernah diproduksi dan dilelang hingga jutaan dolar. Para kolektor bahkan berlomba-lomba untuk memburu mereka karena dianggap sangat bernilai. Anda tentu merasa penasaran kenapa harga foto-foto ini bisa sangat mahal?.
Berikut adalah 10 Foto Paling Mahal Di Dunia :
1. Rhein II
Foto Paling Mahal

Rhein II dianggap sebagai foto paling mahal sepanjang masa. Foto ini terjual pada tahun 2011 dengan harga USD 4,3 juta (sekitar Rp 50 miliar). Rhein II pun sukses menggantikan Untitled 96 sebagai foto paling mahal yang pernah dijual. Rhein II awalnya diambil oleh seorang fotografer Jerman bernama Andreas Gursky pada tahun 1999. Rhein II merupakan sebuah foto yang menggambarkan panorama dari Sungai Rhine di Jerman.
Meskipun menjadi foto paling mahal yang pernah diambil, Rhein II sebenarnya telah banyak dimodifikasi. Awalnya, ada banyak orang dan bangunan di foto tersebut, tetapi mereka telah dihapus oleh Gursky secara digital untuk menampilkan pemandangan lebih alami dari Sungai Rhine. Hal ini memicu kontroversi di kalangan orang yang percaya bahwa foto yang diambil secara alami layak mendapatkan tempat teratas sebagai foto paling mahal di dunia.
2. Untitled 96, Rp 45 miliar
Foto Paling Mahal
Untitled 96 adalah foto yang diambil oleh Cindy Sherman pada tahun 1981. Ini merupakan foto yang sempat menjadi berita utama pada tahun 2011, ketika itu berhasil dijual dengan harga sekitar USD 3,9 juta (sekitar Rp 45 miliar). Hal ini membuat Untitled 96 menjadi foto paling mahal yang pernah dijual saat itu. Namun sayangnya, posisi Untitled 96 berhasil digeser oleh Rhein II.
3. 99 Cent II Diptychon, Rp 44 miliar
Foto Paling Mahal
99 Cent II Diptychon menjadi salah satu mahakarya dari fotografer Jerman, Andreas Gursky. Foto ini menggambarkan suasana sebuah supermarket, tetapi sekali lagi Gursky juga telah memodifikasi karyanya yang satu ini. Foto yang memiliki dua seri ini dijual dengan harga selangit. Foto pertama dijual dengan harga lelang sebesar USD 3,8 juta (sekitar Rp 44 miliar). Cetak pertama awalnya dijual USD 2,25 juta (sekitar Rp 26 miliar), namun harga lelang terus meningkat, sampai akhirnya mencapai USD 3,8 juta.
4. Dead Troops Talk, Rp 43 miliar
Foto Paling Mahal
Dead Troops Talk dipotret oleh Jeff Wall pada tahun 1992. Foto ini bisa dibilang merupakan masterpiece sepanjang karir Jeff. Dia mencoba menggambarkan bagaimana penyergapan patroli Rusia selama invasi Soviet ke Afghanistan pada tahun 1988. Dia merekayasa peristiwa tersebut dengan menggambarkan tentara mati yang terlihat seolah-olah sedang berbicara. Ide kreatif dan unik ini berhasil membuatnya terjual dengan harga mencapai USD 3,7 juta (sekitar Rp 43 miliar).
5. The Pond, Rp 34 miliar
Foto Paling Mahal
The Pond adalah sebuah foto fenomenal yang diambil oleh Edward Steichen pada tahun 1904 di New York. Foto unik ini menggambarkan hutan yang berada di seberang kolam, dengan bulan yang nyaris tak terlihat di antara pepohonan. The Pond sangat terkenal di dunia fotografi, bukan hanya karena itu merupakan salah satu foto berwarna pertama, tetapi juga karena merupakan salah satu foto berwarna pertama yang didistribusikan secara luas.
Hanya ada tiga versi dari The Pond. Salah satu versinya dijual seharga USD 2,9 juta (sekitar Rp 34 miliar) pada tahun 2006 dan menjadi yang foto paling mahal pada saat itu. Versi lain dari The Pond diperkirakan akan dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi.
6. Untitled #153 Rp 31,5 miliar
Foto Paling Mahal
Untitled #153 menempati urutan keenam dalam daftar Foto paling mahal yang pernah dijual di dunia. Foto yang diambil oleh Cindy Sherman ini dibanderol USD 2,7 juta (sekitar Rp 31,5 miliar). Foto ini diproduksi kembali pada tahun 1985 dan kemudian dijual di New York pada tahun 2010. Wanita bernama lengkap Cynthia Cindy Morris Sherman ini dikenal sebagai seorang fotografer dan sutradara film Amerika. Dia paling dikenal dengan potret konseptualnya. Pada tahun 1995, dia menjadi penerima MacArthur Fellowship.
7. Billy The Kid, Rp 26,8 miliar
Foto Paling Mahal
Foto unik ini akan membawa kita kembali ke masa antara tahun 1879 sampai 1880. William H. Bonney atau biasa disebut Billy the Kid, sangat populer pada abad ke-19 sebagai seorang penembak jitu keturunan Irlandia-Amerika. Billy memiliki tubuh jangkung dan wajah tampan. Dia dikenal sangat licik dan lihai dalam membidik korbannya. Dalam satu waktu, dia dikenal sebagai pahlawan rakyat dan juga penjahat. Fotonya kini dijual seharga USD 2,3 juta (sekitar Rp 26,8 miliar) pada tahun 2011.
8. Tobolsk Kremlin, Rp 20 miliar
Foto Paling Mahal
Foto ini diambil pada tahun 2009 oleh presiden ketiga Rusia, Dmitry Medvedev. Foto itu diambil langsung dari dalam kantornya. Versi hitam dan putih dari foto ini dijual seharga USD 1,75 juta (sekitar Rp 20 miliar) pada tahun 2010 di Saint Petersburg. Tobolsk Kremlin adalah sebuah situs batu Kremlin tunggal di Siberia, yang berada di Tobolsk, Tyumen Oblast, Rusia. Tobolsk didirikan pada 1587. Pada tahun 1939, Tobolsk Kremlin telah diakui sebagai monumen arsitektural bersejarah yang berada dalam perlindungan negara.
9. Nude, Rp 18 miliar
Karya seni ini dijual seharga USD 1,609 juta pada tahun 2008 di New York. Foto ini diambil oleh Edward Weston yang menjadi fotografer pertama yang dianugerahi hibah Guggenheim. Pria yang lahir pada 24 Maret 1886 ini juga dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dan inovatif dalam fotografi Amerika. Edward dikenal sebagai salah satu master fotografi pada abad ke-20.
10. Georgia OKeeffe (Hands), Rp 17 miliar
Foto Paling Mahal
Karya menarik ini diproduksi pada tahun 1919 dan dijual seharga USD 1,47 juta (sekitar Rp 17 miliar) pada tahun 2006 di New York. Foto ini diambil oleh Alfred Stieglitz, salah satu tokoh yang paling ikonik dalam sejarah fotografi. Alfred Stieglitz dikenal sebagai seorang fotografer dan sekaligus promotor seni modern. Di awal karirnya, dia kerap mempromosikan pictorialism, gerakan seni yang mendominasi fotografi selama abad ke-19 dan awal abad ke-20.

berita unik 31 Aug, 2014

-
Source: http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/08/foto-paling-mahal-di-dunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons